Salah

Semacam kutukan. Kutukan dunia terhadap diri yang tak pernah berhasil. Manusia yang tak pernah benar. Dan menjadi racun bagi manusia lainnya, menjadi duri dalam daging, menjadi virus yang mengganggu. Rendah di mata manusia.

Salah, satu kata, penuh kesakitan, setajam belati dan sekuat peluru magnum, menghancurkan hati, jiwa dan seluruh hidup manusia. Merusak bahagia, memutus asa, menggilas semangat dan menjatuhkan jiwa.

Jika selalu salah bagi diri adalah keniscayaan, maka aku takkan pernah berharap lebih dan berangan tinggi. Karena tahu, bahwa harapan itu takkan pernah terwujud, dan pasti berbalik menusuk dan membunuh jantungku, menewaskan hati yang telah lelah dan kepayahan karena tertimpa segala kesalahan dan kegagalan.



Tuhan, jika ini memang sudah garis takdirmu, dan aku takkan pernah dianggap benar, satu yang aku mohon padaMu, cegah aku, halangi aku, jangan izinkan aku berbuat sesuatau yang hanya akan menjadi racun, yang hanya berujung kesalahan, yang hanya menjadi bagian dari dosa manusia.
Ajaklah diri ini ke tempatMu, tempat yang penuh dengan kebenaran, tak ada kesalahan, dan tak ada rasa tersakiti dan terbuang.

Akhirnya, hanya yang memiliki takdir sebagai orang yang benarlah yang bisa mencipta kebenaran. Lainnya, hanya akan menjadi lawan bagi mereka. Dan yang salah, akan terus salah....

Komentar